Berkat Kerja di Huadi Group, Tyson Kaget Saat Dapat Gaji Pertamanya

- Admin

Senin, 13 November 2023 - 05:41 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

MATARAKYAT. info, BANTAENG | Meski Indra Jaya tak mewakili potret seluruh masyarakat Kabupaten Bantaeng, Provinsi Sulawesi Selatan. Namun, kisah Indra Jaya alias Tyson adalah gambar wajah ekonomi warga Bantaeng pasca PT Huadi Nickel Alloy Indonesia (HNAI) beroperasi.

Lulusan Madrasah Aliyah ini lahir dari keluarga yang berada di bawah garis kemiskinan. Nama panggilan Tyson muncul karena wajah semasa kecil mirip Mike Tyson, petinju legendaris digelari Si Leher Beton.

“Rumahnya tak lebih dari anyaman seng bekas sudah berkarat. Bahkan rumah itu berdiri di tanah milik orang lain. Bapaknya hanya pekerja serabutan membuka bengkel tambal ban ala kadarnya, dan pemasukan utamanya keluargaku dari bengkel ji’,” ungkap Tyson.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Agar bisa mendapatkan pemasukan tambahan, pekerjaan menambal ban lalu diambil alih oleh ibunya. Sementara bapaknya mencari pekerjaan tambahan sebagai pembajak sawah saat musim tanam padi. Ia menjadi juru traktor milik orang lain dengan bayaran dibagi dua dengan si pemilik traktor. Kemudian mengembalakan sapi milik orang lain. Upaya ini dilakukan untuk bisa membuat dapur tetap mengepul.

Paska menamatkan sekolah di tingkat menengah atas, Tyson hanya menganggur. Aktivitasnya nongkrong layak kebanyakan pemuda tanggung sebayanya. Ia malah dicap sebagai beban keluarga oleh masyarakat setempat. Ia sering kali dibanding-bandingkan dengan kakaknya bersekolah lebih tinggi darinya.

“Saya pernah diusir sama mamaku dari rumah karena pas tamat sekolah tidak ada mau kukerja. cuma mau nganggur saja. Jadi lari ma’ ke Makassar,” terang Tyson

Di Makassar, ia hanya bertekad mampu menemukan pekerjaan lalu bisa bertahan hidup tanpa bergantung pada orang tua. Namun, rupanya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Berkali-kali ia harus menelan pil pahit. Lamarannya di beberapa minimarket ditolak mentah-mentah.

Situasi tersebut membuatnya pusing tujuh keliling. Apalagi di Makassar ia hanya menumpang di rumah teman yang kuliah di Makassar. “Saya tidak bisa lupa itu, tiga hari ka di Makassar, tidak ada uang kupegang. Biar seratus rupiah,” ungkap Tyson

Namun ia tidak berhenti meratapi keadaan. Ia akhirnya bisa bekerja di tempat pembuatan paving. Namun, tidak genap sebulan, ia memutuskan berhenti. Di tengah deraan rasa bersalah, rupanya orang tuanya masih menaruh harap pada anak laki-lakinya itu.

Bahkan Ibunya meminta untuk pulang ke rumah. Namun ia kemudian memutuskan pulang ke Bantaeng. Sehingga ia mendapatkan kabar dari  salah satu teman masa kecilnya itu  bekerja di Huadi Group. Ia pun memantapkan hatinya untuk mencoba masuk ke perusahaan smelter tersebut.

BACA JUGA :  Pemkab Pinrang Gelar Upacara Peringatan HUT PGRI dan Korpri

“Saya tiga kali masukkan lamaran baru diterima. Yang pertama, saya sudah sampai proses training tapi hari kedua terlambat ka datang jadi ditolak ka. Yang ketiga pi’ baru diterima,” kata Tyson

Ia akhirnya diterima bekerja di HNAI atau Huadi Group September 2021 silam. Sebelumnya, tak pernah tersirat sedikit pun untuk bermimpi memiliki kehidupan lebih baik. Cukup bisa makan minum sehari-hari dan melanjutkan hidup esok hari sudah berkah luar biasa. Pun keluarganya, tak banyak diharapkan dari anak lelakinya itu.

“Pas saya dapat gaji pertama, antara mau ka nangis dan senyum-senyum sendiri. Tidak pernah ka’ bayangkan pegang uang sebanyak itu. Waktu kerja sebagai pembuat paving gajinya hanya ratusan ribu, itu pun sudah bersyukur sekali ma’,” ujar Tyson dengan mata berbinar-binar.

Tyson pun mengakui dirinya sempat kalap ketika menerima gaji pertama.”Saya kaget waktu itu karena dapat uang sebanyak itu. Tidak pernah pa’ pegang uang sebanyak itu, jadi ku belanja sendiri,” ungkap Tyson.

Tiga bulan ia bekerja, Tyson menyadari ada orang tua selalu mendoakan yang terbaik untuknya. Ia pun akhirnya memberikan sebagian gajinya kepada orang tua. Selain itu, ia mulai menabung karena ingin membeli kendaraan untuk dikendarai ke tempat kerja.”Selama ini pakai motor keluarga, jadi kalau kupakai kerja, mereka tidak bisa ke mana-mana,” imbuh Tyson.

Tak bisa dipungkiri, keberadaan Huadi Group di Bantaeng memberikan mimpi baru bagi sebagian besar masyarakat. Tyson seperti kebanyakan pemuda sebayanya perlahan namun pasti mulai punya tujuan hidup. Mereka sudah berani merangkai mimpi. Apalagi sejak Tyson diterima sebagai karyawan di Huadi Group.

Hidupnya kini berangsur membaik. Ia menjelma menjadi tulang punggung kebanggaan keluarga. Hasil kerja kerasnya selama di Huadi telah mampu memberikan kesempatan hidup yang lebih baik. Ia bahkan telah membeli sepetak tanah, tak jauh dari tempat tinggalnya saat ini. Ia dan keluarganya perlahan membangun tempat tinggal yang lebih layak di tanah milik sendiri.

“Itu hari bapakku bilang kalau ada tanah di situ mau dijual, tapi tidak cukup uangku. Kebetulan dia ambil kredit di bank, jadi bilangka tambahmi untuk beli tanah, nanti saya bayarki tiap bulan,” ujar Tyson.

Tyson membayangkan bagaimana hidupnya jika ia tidak menjadi bagian dari Huadi Group. “Mungkin saya cuma jadi buruh bangunan atau kernet mobil saja,” tutup Tyson.

Apalagi menurutnya bekerja di Huadi Group, tidak hanya memperbaiki perekonomiannya saja. Ia juga mendapatkan tambahan skill karena selalu ada pelatihan saat akan memulai pekerjaan di posisi baru. (Ikbal/Mr)

Penulis : Ikbal

Editor : Redaksi

Berita Terkait

Panas !!! RP Janji Siapkan Kejutan di Pilwali Makassar
Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur, Bahtiar Baharuddin dan Zudan Arif Fakrulloh Bertukar Posisi
Satlantas Polrestabes Medan Melaksanakan Kegiatan Jumat Berkah Bersama Anak Yatim Piatu
Polri Bersama KKP Gagalkan Penyelundupan Benih Lobster Senilai 19,2 Miliar Rupiah ke Luar Negeri
Video Mesum Mirip Sekda Taput Bersama Wanita yang Diduga ASN Beredar, Kasi Humas Polres Taput : Saksi yang Mau Diperiksa Besok Akan Bawa Videonya
Rumah Tidak Layak, Kodim Bantaeng dan Huadi Group Gelar Program RTLH 
Pesawat JCH Kloter 5 Embarkasi Makassar Yang Mengalami Kerusakan Mesin Saat Lepas Landas, Danlanud Sultan Hasanuddin Terjun Langsung Bantu Proses Evakuasi
Kurangi Kerusakan Hutan dan Lahan, Pj Gubernur Bahtiar Terbitkan Surat Edaran Jaga Lingkungan

Berita Terbaru

Berita Terkait

Jumat, 17 Mei 2024 - 21:55 WITA

Panas !!! RP Janji Siapkan Kejutan di Pilwali Makassar

Jumat, 17 Mei 2024 - 16:39 WITA

Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur, Bahtiar Baharuddin dan Zudan Arif Fakrulloh Bertukar Posisi

Jumat, 17 Mei 2024 - 16:30 WITA

Satlantas Polrestabes Medan Melaksanakan Kegiatan Jumat Berkah Bersama Anak Yatim Piatu

Jumat, 17 Mei 2024 - 15:55 WITA

Polri Bersama KKP Gagalkan Penyelundupan Benih Lobster Senilai 19,2 Miliar Rupiah ke Luar Negeri

Kamis, 16 Mei 2024 - 17:20 WITA

Rumah Tidak Layak, Kodim Bantaeng dan Huadi Group Gelar Program RTLH 

Kamis, 16 Mei 2024 - 16:48 WITA

Pesawat JCH Kloter 5 Embarkasi Makassar Yang Mengalami Kerusakan Mesin Saat Lepas Landas, Danlanud Sultan Hasanuddin Terjun Langsung Bantu Proses Evakuasi

Kamis, 16 Mei 2024 - 16:33 WITA

Kurangi Kerusakan Hutan dan Lahan, Pj Gubernur Bahtiar Terbitkan Surat Edaran Jaga Lingkungan

Kamis, 16 Mei 2024 - 16:15 WITA

Derek Hegemur : Warga Terluar Papua Masih Butuh Edukasi Soal Rupiah Guna Menumbuhkan Rasa Nasionalisme

Berita Terbaru

Berita

Salurkan Bantuan, Pemkab Bantaeng Kirim Air Bersih ke Wajo

Minggu, 5 Mei 2024 - 17:34 WITA

Berita

Dinkes Bantaeng Gelar Pemeriksaan Kesehatan untuk Pemudik

Selasa, 9 Apr 2024 - 15:13 WITA

Opini

Partai Politik dan Hak Angket, Perspektif dalam Ilmu Politik

Minggu, 31 Mar 2024 - 15:07 WITA

Berita

Kadis Kominfo Jeneponto Hadiri Musyawarah Lokal ke-IX ORARI

Sabtu, 23 Des 2023 - 18:36 WITA

Berita

Pastikan Aman, Kapolres Bulukumba Cek Gudang Logistik KPUD

Sabtu, 2 Des 2023 - 18:05 WITA

Berita

Diskominfo Pangkep Laksanakan Sosialisasi Website KIM

Kamis, 30 Nov 2023 - 13:33 WITA

Berita

Pemkab Pinrang Gelar Upacara Peringatan HUT PGRI dan Korpri

Kamis, 30 Nov 2023 - 07:25 WITA

Berita

Gelar Rapat Paripurna, Ada 4 Orang Anggota DPRD Pinrang PAW

Kamis, 23 Nov 2023 - 14:04 WITA

Berita

Lantik PAW PPS Kelurahan Onto, Ini Pesan KPU Bantaeng!

Kamis, 23 Nov 2023 - 11:33 WITA

Berita

Panas !!! RP Janji Siapkan Kejutan di Pilwali Makassar

Jumat, 17 Mei 2024 - 21:55 WITA