Kodam Hasanuddin Peduli Masjid Menyambut Bulan Suci Ramadhan, Ini Yang Dilakukan

- Admin

Sabtu, 26 Maret 2022 - 04:05 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

MR-Makassar,- Sebanyak 1000 orang terdiri dari Prajurit TNI Angkatan Darat, Angkatan Udara, Angkatan Laut dan Polri serta Satpol PP Kota Makassar, Banteng Komando, Mahasiswa, Dinas Kebersihan Kota Makassar serta Masyarakat sekitarnya menggelar karya bakti, pembersihan dan perbaikan masjid dalam rangka menyambut bulan Suci Ramadhan 1443 H/2022 M, bertempat di Masjid Al-Markaz Al-Islami Kota Makassar, Jumat (25/03/2022).

Melalui tema “Kodam XIV/Hasanuddin Peduli Masjid Menyambut Bulan Suci Ramadhan”.

Acara pencanangan ini juga dilaksanakan secara virtual dipimpin oleh Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad, S.H., tersambung dengan menyapa para Forkopimda dan Kodim-Kodim jajaran di wilayah Korem 141/TP, Korem 142/Tatag dan Korem 143/HO.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dalam sambutannya Pangdam menyampaikan, bahwa pencanangan Karya Bakti ini dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1443 H.

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Kodam XIV/Hasanuddin dalam mengimplementasikan 7 Perintah Harian Kasad yang diantaranya adalah melaksanakan 8 Wajib TNI yaitu memelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya, serta sebagai upaya meningkatkan sinergitas TNI AD dengan Pemerintah, Polri dan komponen bangsa lainnya,” Tutur Pangdam

Pada kegiatan karya bakti yang dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Kodam XIV/Hasanuddin ini, dilaksanakan pencanangan yang diikuti oleh satuan kewilayahan masing-masing dengan dua metode yaitu secara tatap muka bagi satuan di wilayah Makassar dan secara virtual bagi satuan di luar wilayah Makassar.

Khusus di wilayah Makassar, dilaksanakan di Masjid Al-Markaz Al-Islami dengan melibatkan unsur TNI kurang lebih 3 SSK, unsur Pemda 2 SST, unsur Kepolisian 1 SSK, mahasiswa 2 SST dan masyarakat sekitar kurang lebih 250 orang. Sementara untuk di wilayah, disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Untuk jumlah Masjid yang menjadi sasaran karya bakti sebanyak 145 Masjid, dimana jumlah tersebut bisa bertambah lagi, menyesuaikan kondisi Masjid yang berada di wilayah masing-masing dengan tetap memperhatikan skala prioritas dan tetap dilaksanakan secara sinergi bersama komponen lainnya.

Pangdam mengatakan bahwa kegiatan karya bakti ini dilaksanakan dari tanggal 25 sampai dengan tanggal 31 Maret 2022 dengan sasaran kegiatan berupa kebersihan lingkungan, tempat wudhu dan sarana/prasarana peribadatan lainnya.

“Kita sadari bersama, bahwa kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab kita bersama, sehingga dibutuhkan kepedulian dalam membangun kesadaran dari masing-masing pribadi agar tetap menjaga kebersihan serta melestarikan lingkungan yang bersih, khususnya Tempat Ibadah,” Jelas Pangdam.

“Apalagi, sebentar lagi kita akan memasuki Bulan Suci Ramadhan 1443 H, oleh karena itu, sebagai umat Muslim kita berkewajiban melakukan persiapan yang baik dalam menjalankan ibadah selama Bulan Suci Ramadhan ini. Hal itu sejalan dengan Sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori Nomor 450 dan Imam Muslim Nomor 533 dari Utsaman Radhiyallahu Anhu. “Barang siapa membangun Masjid di dunia maka Allah akan membangunkan bangunan yang sesuai di akhirat. Membersihkan Masjid merupakan bagian dari memakmurkan dan membangun Masjid”. (HR.Imam Bukhari dan Imam Muslim),” Sambung Mayjen TNI Andi Muhammad, S.H.

Jenderal Bintang Dua ini berharap, dengan adanya karya bakti seperti ini, masyarakat sekitar Masjid dapat melaksanakan ibadah selama Bulan Suci Ramadhan dengan khidmat dan khusuk karena didukung oleh lingkungan yang bersih dan sarana prasarana yang memadai dan pengurus Masjid pun dapat merawat dan memelihara kebersihan rumah ibadah tersebut.

Berita Terkait

Pantau Pembongkaran Surat Suara di Gedung Logistik KPUD, Kapolres Mateng Jamin Keamanan Pemilu 2024
Dinsos Kabupaten Gowa bersama Pemerintah Kelurahan Pattapang Menyerahkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran di Kampung Beru
Jalan Poros Camba Bone Ditutup Total, Ini Himbauan Kapolsek Bantimurung
Kapolres Pinrang Hadiri Jalan Santai Bertajuk Sulsel Anti Mager
Ir. H. Syamsuddin Raga Anggota DPRD Kota Melaksanakan Reses Kedua Masa Persidangan Tahun Sidang 2022-2023 di Puri Pattene Sudiang
Papan Bicara Ahli Waris Pawalli Bin Radda Hilang Dicuri, Ulil Amri : Ini Perbuatan Pidana
Congratulation, Saka Bhayangkara Polsek Baras Juara Umum Lokabhara 2023 Sejajaran Polda Sulbar
Setiawan Wangsaatmaja : Hadapi Era Revolusi, Pemerintah Perlu Bergerak dengan Otak Kanan

Berita Terbaru

Berita Terkait

Sabtu, 20 April 2024 - 08:20 WITA

Salah Paham, Seorang Lelaki Tega Bacok Tetangganya Sendiri Hingga Tewas

Kamis, 18 April 2024 - 08:26 WITA

Ketua LBH KAI Maros: Amicus Curae Yang Diajukan Beberapa Tokoh Bangsa Terkait Penyelesaian Hasil Pilpres 2024 Itu Sah-sah Saja

Rabu, 17 April 2024 - 20:27 WITA

Congratulation !!! Bareskrim Gagalkan Penyelundupan 19 Kg Sabu dari Malaysia di Aceh Timur

Selasa, 16 April 2024 - 21:22 WITA

Dinkes Sulsel Kirimkan Bantuan untuk Korban Tanah Longsor di Tana Toraja

Selasa, 16 April 2024 - 18:25 WITA

Bupati Gowa Cek Kehadiran ASN Pemkab Gowa Pasca Libur Idul Fitri

Selasa, 16 April 2024 - 07:43 WITA

Gerak Cepat Pertamina, Layani 187 Kendaraan Habis BBM Saat Puncak Arus Balik

Senin, 15 April 2024 - 04:43 WITA

Kunjungi Korban Longsor, Pj Gubernur Bahtiar Tekankan Pentingnya Langkah Penyelamatan dan Mengimbau Warga Diseluruh Sulawesi Selatan untuk Tetap Waspada

Senin, 15 April 2024 - 01:53 WITA

Menderita Gangguan Jiwa, Seorang Tenaga Honorer Akhiri Hidupnya Dengan Gabtung Diri

Berita Terbaru

Berita

Dinkes Bantaeng Gelar Pemeriksaan Kesehatan untuk Pemudik

Selasa, 9 Apr 2024 - 15:13 WITA

Opini

Partai Politik dan Hak Angket, Perspektif dalam Ilmu Politik

Minggu, 31 Mar 2024 - 15:07 WITA

Berita

Kadis Kominfo Jeneponto Hadiri Musyawarah Lokal ke-IX ORARI

Sabtu, 23 Des 2023 - 18:36 WITA

Berita

Pastikan Aman, Kapolres Bulukumba Cek Gudang Logistik KPUD

Sabtu, 2 Des 2023 - 18:05 WITA

Berita

Diskominfo Pangkep Laksanakan Sosialisasi Website KIM

Kamis, 30 Nov 2023 - 13:33 WITA

Berita

Pemkab Pinrang Gelar Upacara Peringatan HUT PGRI dan Korpri

Kamis, 30 Nov 2023 - 07:25 WITA

Berita

Gelar Rapat Paripurna, Ada 4 Orang Anggota DPRD Pinrang PAW

Kamis, 23 Nov 2023 - 14:04 WITA

Berita

Lantik PAW PPS Kelurahan Onto, Ini Pesan KPU Bantaeng!

Kamis, 23 Nov 2023 - 11:33 WITA