Polisi Periksa Pelapor Perusakan Kapal Nelayan Bantaeng

- Admin

Minggu, 21 Agustus 2022 - 04:23 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

MR-BULUKUMBA, SULSEL | Satuan Reskrim Polres Bulukumba melakukan pemeriksaan terhadap dua orang pelapor dalam dugaan kasus perusakan Kapal nelayan asal Kabupaten Bantaeng yang di duga terjadi di perairan Kabupaten Bulukumba Sulsel, Sabtu (20/8/2022).

Awaluddin selaku pemilik kapal melaporkan kejadian perusakan kapal miliknya yang terjadi sekitar pukul 03.30 Wita yang diduga terjadi di perairan Bulukumba.

Sementara Andi Khaerul Takdir melaporkan kejadian serupa yakni pengrusakan kapal milikinya dengan cara di bakar yang terjadi sekitar pukul 04.30 Wita yang juga di duga terjadi di perairan Bulukumba.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kasat Reskirm Polres Bulukumba AKP Abustam, membenarkan hal tersebut bahwa saat ini pihaknya sedang melakukan pemeriksaan terhadap pelapor dan saksi – saksi atas duganaan tindak pidana perusakan dua unit kapal nelayan asal Kabupaten Bantaeng yang di duga terjadi di perairan Kabupaten Bulukumba.

“Ya, saat ini penyidik sementara melakukan pemeriksaan terhadap dua orang pelapor serta saksi – saksinya atas dugaan tindak pidana peruskan dua unit kapal nelayan milik nelayan Bantaeng, Kejadiannya diduga di perairan Bulukumba” Ucap  AKP Abustam Kasat Reskrim.

AKP Abustam mengungkapkan bahwa dari keteranga pihak pelapor Awaluddin, dihadapan penyidik bahwa awal mula kejadian yang menimpanya saat sedang melakukan pencarian ikan bersama 3 orang ABK yang diduga di perairan Bulukumba.

Saat sedang melakukan penangkapan ikan tiba-tiba dari arah depan datang sebuah kapal/perahu yang langsung menabraknya mengenai pada bagian sisi kiri dan mengakibatkan kebocoran serta pada ujung perahu pada bagian sebelah kiri dan kanan terbelah.

Menurut keterangan dari rekan Awaluddin yakni Aldi melihat ada sekitar lima orang yang berada di atas perahu milik pelaku dengan memegang parang dan busur.

Bahkan menurutnya salah seorang dari pelaku melepaskan anak panah (busur) namun berhasil menangkisnya dengan menggunakan gabus ikan.

Karena perahu miliknya telah terisi air sehingga pelapor atau korban melompat menyelamatkan diri menggunakan gabus hingga mendapat pertolongan dari nelayan lain yang juga berasal dari Kabupaten Bantaeng.

“Jadi korban ini sedang melaut cari ikan yang diduga berada di perairan Bulukumba, namun tiba-tiba datang sebuah kapal yang menabraknya yang mengakibatkan kapal korban bocor dan terbelah pada bagian depan dan pengakuannya bahwa pada saat kejadian salah seorang dari pelaku sempat melepaskan busur atau anak panah namun berhasil menangkisnya dengan gabus. Ucap Kasat Reskrim.

BACA JUGA :  Usung Tagline Tabe' Ini Teman Calegku, Ramli Manong Caleg DPRD Makassar Viral di Sosmed

“Setelah melihat kapalnya sudah penuh dengan air sehingga korban ini melompat dan berenang dengan bantuan gabus hingga akhirnya ditolong oleh nelayan lain yang juga berasal dari Kabupaten Bantaeng” Ungkap Kasat Reskrim.

Sementara kejadian yang menimpa Andi Khaerul Takdir selaku pemilik kapal/perahu, AKP Abustam menjelaskan bahwa dari hasil pemeriksaan sementara pemilik Kapal atau perahu ini menjelaskan ketika kapal miliknya yang digunakan oleh Safaruddin bersama dua orang rekannya sedang mencari ikan yang diduga berada di perairan Kabupaten Bulukumba.

Saat sedang mencari ikan, Safaruddin melihat adanya perahu yang mendekatinya dan melemparnya dengan menggunakan batu yang tak lama kemudian muncul tiga perahu lainnya dan salah seorang diantaranya melakukan pemarangan terhadap kapal yang digunakan oleh Safaruddin bersama rekan-rekannya.

Melihat kejadian itu Safaruddin bersama rekannya melompat menyelamatkan diri dan salah seorang dari kapal yang menyerangnya memintanya untuk ikut naik kekapal tersebut.

Saat Safaruddin berada diatas salah satu kapal yang menghadangnya, dalam perjalanan menuju Kampung nipa dia melihat kapalnya sudah terbakar.

Setelah tiba di Kampung nipa Kelurahan Benteng’e Kecamatan Ujung Bulu, Safaruddin beserta rekannya di turunkan, sementara kapal yang ditumpanginya putar balik sehingga Safaruddin bersama rekannya berjalan kaki dan akhirnya menemukan Bentor dan Kembali menuju Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng.

“Jadi korban yang satu ini kapalnya di bakar oleh pelaku, kejadiannya sama yakni saat para nelayan asal Kabupaten Bantaeng ini sedang menangkap ikan yang diduga berada di perairan Bulukumba dan tiba-tiba datang kapal lain yang tak dikenalnya melakukan penrusakan dengan cara di bakar” Jelas Kasat Reskrim.

“Pihak penyidik sudah melakukuan pemeriksaan terhadap pelapor dan beberapa sak-saksi dan kami berupaya semaksimal mungkin untuk segera mengungkap para pelakunya, mohon doa dan bantuan Masyarakat untuk tetap memberikan kami informasi sekecil apapupun itu” Pungkas Kasat Reskrim AKP Abustam.  (udinkarim@mr)

Berita Terkait

Kakorlantas bersama Dirut PT. Jasa Raharja Beri Trauma Healing Anak Yatim dan Piatu Pasca Kecelakaan KM 370 Tol Batang-Semarang
Open House: Pj Gubernur Bahtiar Harap Jaga Silaturahmi dan Kekompakan
Dihadiri Ribuan Jamaah, Yayasan Pendidikan Tamalatea Makassar Gelar Sholat Idul Fitri
AKBP Revi Nurvelani Gelar Pasukan Pengamanan Malam Taqbiran Dan Sholat Idul Fitri 1445 H
Dinkes Bantaeng Gelar Pemeriksaan Kesehatan untuk Pemudik
Kunjungi Pos PAM Operasi Ketupat 2024, Kapolres Nias Pastikan Pemudik Lancar dan Aman
Berhasil Gelar Festival Ramadhan, Warga Borongloe : Terima Kasih Huadi Group 
Kapolda Sumut Pantau Persiapan PAM Ketupat 2024 di Polres Simalungun

Berita Terbaru

Berita Terkait

Jumat, 12 April 2024 - 19:55 WITA

Kakorlantas bersama Dirut PT. Jasa Raharja Beri Trauma Healing Anak Yatim dan Piatu Pasca Kecelakaan KM 370 Tol Batang-Semarang

Jumat, 12 April 2024 - 19:19 WITA

Open House: Pj Gubernur Bahtiar Harap Jaga Silaturahmi dan Kekompakan

Jumat, 12 April 2024 - 01:12 WITA

Dihadiri Ribuan Jamaah, Yayasan Pendidikan Tamalatea Makassar Gelar Sholat Idul Fitri

Selasa, 9 April 2024 - 15:13 WITA

Dinkes Bantaeng Gelar Pemeriksaan Kesehatan untuk Pemudik

Senin, 8 April 2024 - 20:28 WITA

Kunjungi Pos PAM Operasi Ketupat 2024, Kapolres Nias Pastikan Pemudik Lancar dan Aman

Senin, 8 April 2024 - 13:17 WITA

Berhasil Gelar Festival Ramadhan, Warga Borongloe : Terima Kasih Huadi Group 

Minggu, 7 April 2024 - 21:14 WITA

Kapolda Sumut Pantau Persiapan PAM Ketupat 2024 di Polres Simalungun

Minggu, 7 April 2024 - 16:40 WITA

Prediksi Kakorlantas, Puncak Arus Mudik Lebaran di Tol Trans Jawa Terjadi Malam Ini

Berita Terbaru

Berita

Dinkes Bantaeng Gelar Pemeriksaan Kesehatan untuk Pemudik

Selasa, 9 Apr 2024 - 15:13 WITA

Opini

Partai Politik dan Hak Angket, Perspektif dalam Ilmu Politik

Minggu, 31 Mar 2024 - 15:07 WITA

Berita

Kadis Kominfo Jeneponto Hadiri Musyawarah Lokal ke-IX ORARI

Sabtu, 23 Des 2023 - 18:36 WITA

Berita

Pastikan Aman, Kapolres Bulukumba Cek Gudang Logistik KPUD

Sabtu, 2 Des 2023 - 18:05 WITA

Berita

Diskominfo Pangkep Laksanakan Sosialisasi Website KIM

Kamis, 30 Nov 2023 - 13:33 WITA

Berita

Pemkab Pinrang Gelar Upacara Peringatan HUT PGRI dan Korpri

Kamis, 30 Nov 2023 - 07:25 WITA

Berita

Gelar Rapat Paripurna, Ada 4 Orang Anggota DPRD Pinrang PAW

Kamis, 23 Nov 2023 - 14:04 WITA

Berita

Lantik PAW PPS Kelurahan Onto, Ini Pesan KPU Bantaeng!

Kamis, 23 Nov 2023 - 11:33 WITA